Monday, June 25, 2012

Tentang Sekolah di usia dini

Cerita di blog kak emi dengan judul  "Bebito : Tentang Sekolah "  diceritakan bahwa anak2 yang sekolah terlalu dini dan kurang bermain akan malas di SD nya dan menjadi dewasa sebelum waktunya. karena kurang waktu bermain dan harus belajar terus. 
hal ini membuat sayah menilik sedikit ke masa kecil sayah.sayah adalah anak pertama dari 3 bersaudara, dan sampai saat ini saya "senang" sekolah hihihihi... kalo boleh milih saya lebih senang bersekolah atau belajar daripada bekerja... 

tapi tuntutan hidup "memaksa" sayah untuk bekerja mencari uang hihihi soalnya kalo nggak punya uang saya tidak bisa jalan2 klo ngak bisa jalan2 nggak bisa motret (ini hobby sayah) dan saya tdk bisa nabung untuk melanjutkan pendidikan sayah ke jenjang Doktoral.
  
Saya ingat dulu sayah mulai bersekolah pda umur 2,5 tahun hahaha liat dari foto yah di taman bermain milik kak seto karena dulu saya terlalu cerewet untuk balita dan minta sekolah terus (ini kata mama sayah) 
umur 3,5 tahun masuk play group,  TK A, TK B dan lulus  TK C umur 6,5 tahun, karena mama mau saya sekolah di Tarakanita terpaksa lah saya mengulang TK C hihihi karena umurnya kurang  klo di Tarq kudu 7 tahun umurnya

saya tidak pernah merasa bosen sekolah, sebel ama ulangan sih iya, sebel ama pelajarannya sih iya, apalagi pelajaran yang saya tdk suka. 

saya paling suka sejarah dulu kelas 1 - kelas 4 sayah hapal mati itu buku PSPB hahaha karena isinya cerita sejarah. 

klo mulai kelas 4 sayah mati kutu pelajaran matematika waakakaka soalnya kgk suka tapi untung masih bisa dapet nilai 6 hahhahahaha...
Tapi kalo diliat2 masa kecil saya dan anak2 sekarang memang agak berbeda, dulu sayah tetp punya banyak waktu bermain walaupun ada les - les yang harus saya ikuti. kalo anak2 sekarang kayanya dari pagi ampe sore les terus jarang main diluar sama kebanyakan main komputer atau game yang dimainkan sendiri. soo individualis. 

kalo dulu sayah mah mana dapet PS, ipad dsb... adanya mah mainan di lapangan, ngadu main ngebut ludah di daun talas (hihihihi jorok yah) tapi sangat seru dan menyenangkan, manjat pohon jambu, pohon buni, ngadu biji karet, galaksin, bentengan, gebokan, kasti, balap sepedah, layangan, gundu dll. dengan bermain bersama banyak teman bisa membuat kita menjadi lebih punya toleransi, bersosialisasi dan kompetitif. 


sayah dulu juga banyak minta les (klo dulu sayah anak yang minta, kalo sekarang keliatanya banyak orang tua yang "memaksakan" anaknya untuk les) duluh sayah minta les balet, tari bali, organ, piano, renang, tetapi yang sakses hanya bahasa inggris sampe post diploma hahahhaahha sisanya hanya beberapa bulan keluar kgk tahan hahaha enakan main dilapangan
klo adik2 sayah mah anak rumahan senangnya main di dalam rumah dan rajin ngeles jadi mereka gape lah main piano, makanya nyesel juga skrg dulu klo les piano bobok diatas piano karena kecapean abis main galaksin atau bentengan atau game boy di lapangan depan rumah. 
jadi kalo berdasarkan pengalaman masa kecil sayah nanti kalo sayah punya anak klo dia mau sekolah yah saya sekolahin aja, tetapi kita sebagai orang tua harus jadi orang tua yang pandai memilih untuk anak, kita harus selektif memilih sekolah yang sesuai kurikulumnya untuk tumbuh kembang anak kita, yang tidak terlalu berat tetapi bisa membuat anak kita nyaman dan berkembang sesuai usiannya.

dan anak2 jangan banyak di lesin macem2. lesin ajah yang dia suka jadi dia enjoy melakukannya. yah inih citah2 sayah untuk pendidikan anak sayah nanti
kalo kamuh?
 

2 comments:

  1. setujuuuu....
    Saya juga berencana seperti itu...biarkan anak berkembang sesuai dengan usianya...

    ReplyDelete
  2. Setujuuuuuh.... Jadi ingat shei udah ngumpulin buku buat the kiddos, hehehe..

    ReplyDelete